Wednesday, July 1, 2015

Cara Beternak Hamster Bagi Pemula




Pada artikel kali ini, saya akan mengupas tentang bagaimana cara beternak hamster yang baik dan benar. Berawal dari kesukaan kita terhadap hamster yang lucu dan menggemaskan, kita bisa mendapatkan pundi – pundi uang dengan cara menangkarkannya. 

Yang harus saya tekankan disini adalah hamster merupakan makhluk hidup, bukan benda mati. Kita harus merawat hamster dengan baik.  Kalau soal duit, bisa kita pikirkan belakangan lah.
Dengan pola pikir demikian, kita lebih berfokus merawat hamster yang akan kita ternakan, sehingga akan menghasilkan anakan yang berkualitas. 


Langkah pertama dalam beternak hamster yaitu tentukan jenis hamster. Beberapa jenis hamster yang dapat anda pilih untuk di ternakan diantaranya campbell, winter white, syrian, dan roborovski. Ke empat varian tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.  

Penulis sendiri lebih memilih hamster winter white, alasannya karena hamster ini mudah dalam perawatan dan tidak menggigit seperti jenis campbel.

Berikutnya adalah kandang. Untuk menekan biaya, anda bisa menggunakan box eskrim, box container, atau akuarium kaca. Anda harus memikirkan persoalan ini, karena kandang merupakan tempat sang induk membesarkan anak – anaknya dalam beberapa minggu kedepannya. Kandang yang sempit akan membuat ruang gerak sang induk menjadi terbatas.

Inilah yang bisa saya sampaikan pada artikel tentang cara beternak hamster bagi pemula, tips – tips lainnya akan saya jelaskan pada artikel bagian kedua.



 
 
Copyright © Dunia Hammie