Saturday, November 10, 2012

Karakter dan Cara Merawat Hamster Roborovski


Karakter dan Cara Merawat Hamster Roborovski - Hamster yang memiliki wajah paling lucu di antara hamster yang lain, menurut penulis hehehe. Roborovski memiliki karakter unik yang membedakannya dengan jenis hamster yang lain, lalu apa saja sih keunikannya ?


Hamster Roborovski adalah jenis hamster yang dapat berlari dengan kencang, jadi kalau anda ingin memegang hamster ini harus hati - hati dan dengan persiapan, jika tidak bisa - bisa hamster akan kabur melarikan diri.

Roborovski terkenal dengan sifat pemalu dan penakutnya, tapi jika anda ingin memiliki hamster roborovski yang jinak anda harus ekstra sabar, karena anda harus melatihnya sejak kecil. ( sering di pegang saat masih berumur 1 bulanan )

Harga hamster roborovski terbilang cukup stabil ( sekitar 25-35 ribu perekor ), mengapa demikian? hamster roborovski memerlukan waktu yang lama untuk menghasilkan keturunan yakni +- sekitar 7 bulan. Kalau hamster roborovski tidak cocok dengan pasangannya maka ia tidak hamil - hamil.

Untuk soal makanan sama halnya dengan hamster yang lainnya, yakni biji - bijian. hamster roborovski lebih irit soal makanan di bandingkan dengan hamster syrian, jadi kandang tidak cepat kotor dan bau. Pemberian toge kepada hamter ini di perbolehkan asalkan dengan takaran yang pas.

Selain dengan toge untuk mempercepat kehamilan pada hamster, juga diperlukan kandang yang agak gelap. Menurut teman saya komunitas hamster solo ( Karso ) kandang yang agak gelap bagi hamster roborovski dapat mempercepat kehamilan.

Di indonesia kita dapat menjumpai hamster roborovski dalam 2 jenis yakni brown face ( muka agak coklat ), dan white face ( muka putih ). Penulis sendiri lebih menyukai roborovski white face, karena sangat lucu kalau menyimpan makanan di pipi nya.. hehehe.. walaupun harganya agak sedikit lebih mahal.








 
 
Copyright © Dunia Hammie