Friday, December 16, 2011

Makanan Hamster


Memilih makanan terbaik untuk hamster - hamster sebagai salah satu makhluk hidup juga memerlukan makanan. di pasaran banyak tersedia makanan khusus hamster, namun anda perlu memperhatikan kandungan apa yang terkandung dalam produk tersebut.

lalu apa makanan utama hamster ?
makanan utama bagi hamster adalah biji - bijian. dalam meyediakan biji - bijian sebagai makanan utama hamster perlu komposisi dan takaran tertentu. apabila komposisi biji - bijian tidak seimbang, maka hamster akan kekurangan gizi. hamster juga dapat terkena obesitas seperti manusia,  Penyebab obesitas pada hamster contohnya adalah pemberian kuaci yang berlebihan.


dampak obesitas terhadap hamster jangan dianggap sepele, mengapa demikian?
Obesitas pada hamster akan menyulitkan hamster itu sendiri pada saat melahirkan, dan juga dapat menyebabkan kematian dini pada hamster. 
Cute Hamster
hamster sangat menyukai kuaci, selain meyebabkan obesitas karna kandungan lemaknya yang tinggi, kuaci juga dapat menyebabkan hamster botak / kerontokan bulu pada hamster. 
sebaiknya jangan jadikan kuaci sebagai makanan utama hamster tapi sebagai snack hamster. contohnya pemberian kuaci untuk hamster seminggu 1 kali *namun jangan terlalu banyak cukup 3-5 buah per hamster.

berikut ini daftar makanan untuk hamster - makanan yang diperbolehkan bagi hamster.  

Kacang Tanah - Makanan Hamster
Kacang tanah mengandung banyak lemak. Kacang tanah penting untuk membuat hamster merasa kenyang. Lemak akan disimpan untuk cadangan energi. Pemberian kacang tanah sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini penting untuk menghindari kegemukan pada hamster. Selain itu, kelebihan lemak dapat mengakibatkan serangan jantung.

Kacang Kedelai - Makanan Hamster
Kacang kedelai adalah biji-bijian yang kaya protein. Pemberian kacang kedelai baik diberikan kepada hamster supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, kacang kedelai kering baik untuk mengasah gigi hamster karena keras. Perlu diketahui bahawa gigi hasmter terus tumbuh dan perlu diasah agar tidak terlalu panjang.

Beras Merah - Makanan Hamster
Beras merah banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Jika hamster kekurangan karbohidrat, Kebutuhan energinya akan diambil dari lemak, sehingga lama kelamaan hamster dapat menjadi kurus. Beras merah juga baik untuk perkembangan otak.
Kacang Hijau - Makanan Hamster
Kacang hijau memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin mutlak diperlukan untuk sebagai zat pengatur dalam tubuh. Kacang hijau yang keras juga baik untuk mengasah gigi hamster.

Gabah - Makanan Hamster
Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi. Selain itu, pemberian dalam bentuk gabah, memastikan hamster memakan kulit ari gabah, yang kaya akan pro-vitamin D.


Terimakasih telah membaca artikel yang berjudul Makanan Hamster


 
 
Copyright © Dunia Hammie